Sabtu, 10 Maret 2012

PENGANTAR STATISTIK SOSIAL bab1


LEMBAR KERJA MAHASISWA

NAMA

TUGAS KE
1
NIM

PRODI
PENDIDIKAN IPS TERPADU
MATA KULIAH
PENGANTAR STATISTIK SOSIAL
SKS

POKOK BAHASAN
Pengertian Statistik dan Pengertian Data
ISI
1.      Penegrtian data  menurut J. Supranto (2001;21), dalam bahasa Inggris “data” merupakan bentuk jamak “datum”. Dalam Webster’s New Word Dictionary tertulis bahwa datum : Somethingnknoe assumed, artinya datum (bentuk tunggal data) merupakan suatu yang diketahui atau dianggap. Diketahui berarti sesuatu yang sudah terjadi atau merupakan fakta, sedangkan anggapan bisa berupa sesuatu yang telah terjadi akan tetapi belum diketahui disebut hipotesis, atau sesuatu yang belum terjadi, bisa terjadi juga bisa tidak, disebut prakiraan (forecasting).
2.      Pengertian data statistic menurut J. Supranto (20001;1) adalah data ringkasan berbentuk angka seperti jumlah, rata-rata, dan persentase.
3.      Pengertian data dalam KBRI (2005;239), (1) keterangan yang benar dan nyata, (2) keterangan atau bahan  nayta yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan).
4.      Menurut Muh. Arif Tiro dan Baharuddin Iliyas (2007;20-23), mengemukakan tentang :
a.       Sumber data
Berdasarkan asalnya, data dibagi menjadi dua yakni : (1) data intern (dat yang berasal dari suatu badan atau lembaga, dikumpulkan  dan diolah oleh badan atau lembaga tersebut), (2) data ekstern, (data yang berasal dari luar lembaga atau badan yang ,mengolah data tersebut). Selain itu, data dapat pula dibagi atas dua kategori, yaitu (1) data primer (data dikumpulkan oleh badan atau peneliti yang menerbitkannya), (2) data sekunder (data yang penerbitnya bukan badan ataua peneliti yang mengolah dan mengumpulkannya.
b.       Jenis data
®  Data kuantitatif (data yang dinyatakan dalam angka-angka yang terdiri dari :
*        Data farik, data yang dinyatakan dalam bilanganbulat yang didapatkan sebagai hasil mencacah, seperti banyaknya orang.
*        Data malar, data yang mempunyai nilai yang terletak dalam suatu interval, sebagai hasil pengukuran, misalnya tinggi, luas, isi, dan sebagainya.
®  Berdasarkan skala pengukurannya :
*        Data nominal, data kuantitatif yang merupakan label dari suatu benda atau masalah.
*        Data ordinal, data yang diurutka dari nilai-niali yang bersifat kuantitatif.
*        Dat interval, data berupa angka-angka dimana jarak antara angka-angaka tersebut mempunyai arti, namun data ini tidak mempunyai titik nol mutlak.
*        Data rasio, data yang ditijau dari sudut pengukurannya sangat sempurna, sebab mempunayai nilai nol mutlak  dan jarak antara angaka pada data ini mempunyai arti.
5.      Kegunaan data menurut J. Supranto (2001;22)
®  Data bermanfaat untuk mengetahui atau memperoleh suat gamabaran mengenai suatu keadaan atau persoalan.
®  Untuk membuat keputusan atau memecahkan persoalan
6.      Pengertian statistic dalam KBRI (2005;109), (1) catatan angka-angka (bilangan), perangkaan; (2) data yang berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat member informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejalah.
7.      Pengertian statistic
Ø  Ilmu tenteng cara mengumpulkan, menggolong-golongkan, menganlisis, dan mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa angka
Ø  Pengetahuan yang berhubungan dengan pengumpulan data, penyelidikan dan kesimpulannya bedasarkan bukti, berupa catatan bilangan (angka-angka).
~  Menurut Ir. Suntoyo Yitnosumarto, M. Agr. Ph. D (1990;5) mengemukakan bahwa statistic dapat digunakan diberbagai bidang seperti bidang Ilmu-ilmu kebiologian, pendidikan, psikologi social, ekonomi, keteknikan dan industri.
~  Dalam bidang psikologi misalnya dan pendidikan statistika banyak dipergunakan untuk mempelajari tingkah laku perubahan sikap, hal-hal yang dikaitkan dengan proses belajar-mengajar dan lain sebagainya.
MASALAH PENDIDIKAN DIBIDANG STATISTIK
Statistic merupakan suatu alat bantu dalam proses analisis suatu  data yang berupa angka-angka (data kuantitatif), oleh karena itu  statistic bekerja dengan angka-angka maka data yang kualitatif baru dapat dianalisis  dengan dengan statistic bekerja dengan angka-angka maka data yang kualitatif baru dapat dianalisa denagn  statistic. Jika telah dimodifikasi menjadi data kuantitatif. Sebagai suatu data analisis kuantitatif, statistic menurut beberapa persyaratan atas data yang akan dianalisisnya. Hal ini disebabkan pengembangan rumus-rumus statistic didasarkan oleh beberapa asumsi, oleh karenanya penggunaan statisti sebagai alat analisis tanpa di ikuti dengan persyaratan yang diperlukan akan menyesatkan pemakai (terutama dalam melakukan deskriftif atas hasil analisis).
KESIMPULAN
<  dalam bahasa Inggris “data” merupakan bentuk jamak “datum”. Dalam Webster’s New Word Dictionary tertulis bahwa datum : Somethingnknoe assumed, artinya datum (bentuk tunggal data) merupakan suatu yang diketahui atau dianggap. Diketahui berarti sesuatu yang sudah terjadi atau merupakan fakta, sedangkan anggapan bisa berupa sesuatu yang telah terjadi akan tetapi belum diketahui disebut hipotesis, atau sesuatu yang belum terjadi, bisa terjadi juga bisa tidak, disebut prakiraan (forecasting).
<  Kegunaan data
1.      Data bermanfaat untuk mengetahui atau memperoleh suat gamabaran mengenai suatu keadaan atau persoalan.
2.      Untuk membuat keputusan atau memecahkan persoalan









DAFTAR PUSTAKA

Muhammad Arif Tiro dan Baharuddin Ilyas. 2007. Statistic Terapan:Audira Publisher. Makassar.
Ir. Suntoyo Yitnosumoharjo, M. Agr. Ph. D. 1990. Dasar-dasar Statistik, Edisi 1:Optima Citra Offset. Jakarta
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke 3. 2005.  Departemen Pendidikan Nasional: Balai Pustaka. Jakarta.
J. Supranto. 2001. Statistik untuk Pemimpin berwawasan Global:Salemba Empat. Jakarta.








Mengetahui
Petugas Perpustakaan                                                                Mahasiswa          




                                                                                                                          
NIP.                                                                                          

Reaksi:

1 komentar:

Entri Populer

himpunan mahasisswa IPS terpadu UNM 2012-2013

himpunan mahasisswa IPS terpadu UNM 2012-2013