Tuesday, May 19, 2020

Materi Kondisi iklim di Indonesia kelas 7 semester 1 (Kondisi Geografis di Indonesia)

Kondisi iklim di Indonesia (Kondisi Geografis di Indonesia) kelas 7 semester 1

Tujuan pembelajaran

Siswa mampu mendeskripsikan kondisi iklim di Indonesia
Dalam postingan kali ini gudang ilmu akan membahas materi mengenai Kondisi iklim di Indonesia (BAB1 Kondisi Geografis Indonesia) kelas 7 semester 1.

Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca di daerah tertentu yang meliputi wilayah luas dalam periode yang lama (umumnya sekirat 30 tahun). Cuaca adalah keadaan udara rata-rata pada suatu saat di suatu tempat.

Dipermukaan bumi terdapat empat macam iklim yaitu:
  • Daerah iklim Tropika
  • Daerah iklim Subtropika
  • Daerah iklim sedang
  • Daerah iklim kutub (dingin)
Kondisi astronomis Indonesia menyebabkan Indonesia terletak pada kawasan beriklim tropika. Ciri nya antara lain yaitu temperatur cenderung tinggi berkisar antara 26 derajat C sampai 28 derajat C. Suhu udara pada saat musim kemarau dan hujan tidak terlalu jauh berbeda. Curah hujan cukup tinggi, yakni 200mm pertaahun. Indonesia sering mengalami hujan Zenithal, yaitu hujan terjadi karena kuatnya pemanasan matahari di khatulistiwa.

Macam-macam iklim di Indonesia

A. Iklim Musim ( Iklim Muson)

Iklim Musim atau iklim muson terjadi karena pengaruh angin musiman yang berubah-ubah dan berganti arah setiap enam bulan atau setiap enam tahun.

Angin Muson Barat

Angin muson barat bertiup antara bulan November sampai dengan bulan april ketika kedudukan matahari berada dibelahan bumi selatan. Pada saat itu, penyinaran matahari di benua Australia lebih tinggi daripada penyinaran di benua Asia. Hal ini mengakibatkan udara di atas benua Australia sbertekana maksimum, sedangkan di atas benua Asia bertekanan minimum sehingg bertiuplah angin dari Asia ke Australia. Oleh karena itu gerakan angin ini melalui Samudra Hindia yang luas, maka angin tersebut banyak mengandung uap air yang berpotensi hujan.

Angin Muson TImur

Angin muson timur bertiup antara bulan Mei sampai bulan Oktiber ketika kedudukan semu matahari berada dibelahan bumi utara. Saat itu penyinaran matahari di Benua Asia lebih tinggi dari pada penyinaran matahari dibenua Australia. Akibatnya, udara di atas benua Asia bertekana minimumsedangkan di atas benua Australia bertekanan maksimum sehingga bertiuplah angin dari Australia ke Asia.


B. Iklim Tropika ( Iklim Panas)

Dalam iklim ini rata-rata suhu udara harian, bulanan dan tahunan tinggi mencapai lebih dari 18 derajat C. Pada iklim ini mengakibatkan banyak hujan yang dikenal sebagai hujan Zenithal (hujan naik tropika).

C. Iklim Laut

Iklim laut ini lembab dan banyak mendatangkan hujan. Pada iklim laut terjadi angin darat dan angin laut.


Musim di Indonesia

Perubahan musim terjadi karena adanya peredaran semu tahunan matahari. peredaran semu mtahari tahunan adalah gerakan semu matahari dari khatulistiwa menuju garis lintang balik utara (23  1/2  derajat LU), kembali lagi ke khatulistiwa, terus bergerak kelintang balik selatan (23  1/2  derajat LS), dan kembali lagi ke khatulistiwa.
Berdasarkan persetujuan internasional 1884, garis bujur 0 derajat di Greenwich ditetapkan sebagai titik awal perhitungan waktu internasional yang disebut Greenwich mean time (GMT). Greenwich merupakan kota kecil di pinggiran London, Inggris.


Musim hujan
musim hujan di Indonesia terjadi antara bulan November sampai bulan April. Musim hujan di Indonesia ditandai dengan datangnya hembusan angin dari Benua Asia yang bertekanan tinggi ke Benua Australia yang bertekanan rendah.

Musim kemarau
Musim kemarau di Indonesia terjadi antara bulan Mei sampai dengan bulan Oktober. Musim kemarau di Indonesia ditandai dengan adanya hembusan angin dari benua Australia yang bertekanan tinggi ke benua Asia yang bertekanan rendah.

Musim pancaroba
Musim pancaroba di Indonesia terjadi antara bulan Maret sampai April dan dan bulan September sampai Oktober. Terjadinya musim pancaroba di Indonesia disebabkan pada saat itu arah hembusan anging tidak menentu atau selalu berubah-ubah.

Demikian materi mengenai Kondisi iklim di Indonesia (Kondisi Geografis Indonesia) Kelas 7 semester 1.

Kalian juga dapat membaca Materi kondisi geologi Indonesia (Kondisi geografis Indonesia) kelas 7 semester 1.

Jangan lupa untuk membagikan materi ini kepada siapapun yang membutuhkan semoga postingan ini bermamfaat bagi dunia pendidikan. Salam gudang ilmu!


1 comment:

  1. terimakasih, materi ini sangat membantu saya dalam pembelajaran ...saya bisa mengajarkan murid saya tentang materi ini

    ReplyDelete