Tuesday, December 22, 2020

download bahan pengayaan pedagogik umum

Bahan Pengayaan Pedagogik Umum

halo sahabat gudang ilmu dalam artikel kali ini gudang ilmu akan membahas mengenai Bahan Pengayaan Pedagogik Umum. Sebelum download file bahan pengayaan pedagogik umum ini, yuk simak sedikit penjelasannya.

Pengembangan bahan pengayaan pedagogik umum dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada Guru Daerah Khusus (GDK) agar memiliki kesiapan menghadapi PPG dan UP. Mendasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan PPG PGDK tahun 2018 dalam rangka sertifikasi guru melalui PPG, menunjukkan angka tingkat kelulusan peserta khususnya di UP PPG-PDGK relatif masih rendah (dibawah 35%). Beberapa catatan hasil evaluasi pada saat pembeklan awal sebelum program PPG berlangsung yaitu pelaksanaan pembekalan yang berlangsung sebelum PPG dirasa masih kurang efektif karena teridentifikasi beberapa peserta megalami penyesuaian budaya dan lingkungan,  penyampaian materi dan soal yang diujikan di UP kurang sinkron, tingkat kesukaran soal UP cukup tinggi dan lain sebagainya. Untuk itu perlu adanya upaya dan strategi lain dalam rangka membekali peserta PPG-PGDK agar dapat sukses mengikuti PPG dan lebih khusu sukses sewaktu mengikuti UP.

Pada tahun 2019 akan diadakan pembekalan sebagai tahap awal untuk mengikuti program PPG dan UP, pembekalan dimaksudkan agar peserta dapat mencapai standar kelulusan sebagaimana yang telah ditetapkan. Supaya peserta dapat sukses di UP PPG 2019 ini dipandang perlu adanya buku pengayaan yang berisi materi, soal dan pembahasan dengan kisi yang telah disinkronkan dengan kisi-kisi UP PPG. Usaha yang dimaksud ialah adanya bahan ajar remedi dan pengayaan sebagai sebagai sumber belajar yang memudahkan guru (peserta) dalam  mengikuti PPG-PGDK. Bahan pengayaan dan remidi yang dikembangkan ini mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan yang telah dikembangkan oleh tim panitia nasional penyusun soal UP PPG. 

Tujuan dan cara mempelajari Bahan pengayaan pedagogik umum

Penulisan sumber belajar ini bertujuan untuk membantu penyiapan peserta PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) PPG khusunya materi pedagogik umum. Bahan ajar ini dapat digunakan secara mandiri maupun termbimbing. 

Agar peserta dapat lebih mudah memahami buku bahan pengayaan dan remidi ini maka pahamilah cara penggunaan berikut;

  • Bacalah secara menyeluruh dengan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB I.  
  • Pelajari uaraian materi terlebih dengan mencermati tujuan pembelajaran terlebih dahulu.
  • Perhatikan indikator/ kisi-kisi yang disajikan di BAB II
  • Perhatikan setiap soal yang menjadi contoh dari setiap indikator. Coba kerjakan, serta cocokkan hasilnya dengan kunci jawaban yang tersedia. Pelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
  • Tulislah hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan didiskusikan dengan sejawat, baik isi, penjelasan dan peluang pengembangan soalnya.
  • Coba kerjakan soal-soal latihan formatif yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
  • Cocokan hasil kerjaan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, cek kembali pemahaman anda dengan pembahasan yang ada di BAB II
  • Perluas pengetahuan anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain.

Download Bahan Pengayaan Pedagogik umum

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan file Bahan Pengayaan Pedagogik umum. Tentu para bapak ibu guru memerlukan Bahan Pengayaan Pedagogik umum untuk dijadikan refrensi atau bahan dalam meningkatkan mutu mengajar.
Berikut admin lampirkan file Bahan Pengayaan Pedagogik umum


DOWNLOAD FILE

Demikian artikel mengenai Bahan Pengayaan Pedagogik umum. Kalian juga dapat membaca artikel mengenai Modul 2019/2020 yang berisikan soal-soal CPNS.

Seluruh perangkat sekolah dalam blog ini dapat kalian miliki secara gratis dan semoga dapat menjadi refrensi serta membantu kalian dalam proses belajar mengajar. Jangan lupa membagikan file-file ini kepada siapapun yang membutuhkan, semoga dapat bermamfaat bagi dunia pendidika


No comments:

Post a Comment