Thursday, April 30, 2020

CORONA ( COVID-19)



CORONA (COVID-19)

CORONA ( COVID-19)
CORONA ( COVID-19)

Halo sahabat gudang ilmu


kali ini gudang ilmu akan membahas mengenai virus corona dan tips pencegahannya, yuk simak materinya.
Virus Corona yang disebut COVID-19 pertama kali terjadi di kota Wuhan China dan sekarang telah menyebar di penghujung dunia termasuk di Indonesia. Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kalelawar dan unta, Penularan dari manusia ke manusia melalui percikandahak saat batuk dan bersin. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini yaitu mirip seperti flu berupa demam, batuk dan pilek. Beberapa hari setelah terjangkit orang bisa mengalami sesak nafas akibat infeksi paru-paru. Sampai saat ini belum ditemukan
Vaksin untuk mengobati penyakit ini. Oleh sebab itu Organisasi Kesehatan Manusia (WHO) mengimbau seluruh lapisan masyarakt agar tidak memandang sepele penyakit ini serta melakukan tindakan pencegahan. Salah satu upaya pencegahan yang di anjurkan yaitu dengan menerapkan sosial distancing.

Berikut beberapa tips pencegahan yang akan saya berikan kepada sahabat pembaca yaitu:

1. Mencuci Tangan

CORONA ( COVID-19)
CORONA ( COVID-19)
Setiap saat mencuci tangan merupakan cara sederhana namun efektif memutus mata rantai penyebaran Virus ini. Setiap setelah melakukan sesuatu usahakan cuci tangan memakai sabun setidaknya selama 25 detik. kalian wajib mencuci seluruh bagiantangan hingga bersih, termasuk punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku. setelah itu keringkan tangan memakai pengering tangan, handuk, ataupun tissu. Anda juga bisa membersihkan tangan dengan memakai hand sanitizer yang banyaak dijual di minimarket atau warung-warung terdekat. Mencuci tangan setelah makan, setelah menggunakan toilet bahkan setelah batuk dan bersin wajib dilakukan.

2. Menggunakan masker


CORONA ( COVID-19)
CORONA ( COVID-19)
Secara umum menggunakan masker dapat mencegah penularan virus ini. Masker yang di pakai dapat berupa masker bedah, dan masker kain. Masker bedah merupakan masker sekali pakai serta masker kain adalah masker yang bisa dicuci kembali. Walaupun tidak sepenuhnya dapat mencegah paparan kuman, namun  penggunaan masker ini dapat menurunkan resiko penyebaran penyakit. Hal yang harus diperhatikan ketika memakai masker yaitu pada saat melepas masker di anjurkan untuk tidak menyentuh bagian depan masker karena bagian depan masker tersebut tempat berkumpulnya kuman yang menempel.

3. Tetap berada di rumah


CORONA ( COVID-19)
CORONA ( COVID-19)
Dengan tidak keluar rumah atau  tetap berada dirumah hal ini juga mampu memutus matarantai penyebaran virus COVI-19. Setiap pemerintahan di negara-negara melakukan himbuaan ini, bahkan memberikan sanksi tegas bila ada masyarakat yang tidak mematuhi perintah ini. Untuk itu pemerintah hanya menganjurkan kepada masyarakat melakukan kegiatan diluar rumah ketika ada hal yang sangat penting.

4.  Menghindari menyentuh bagian wajah


CORONA ( COVID-19)
CORONA ( COVID-19)
Jangan pernah menyentuh bagian wajah ketika belum mencuci tangan, karena tangan sangat aktif menyentuh permukaan benda ketika melakukan aktivitas yang dapat mengandung banyak virus. setelah terkontaminasi, tangan dapatmemindahkan virus ke mata, hidung atau mulut anda. Dari bagian wajalah virus mudah masuk dan membuat anda terinveksi.

5. Jaga jarak


CORONA ( COVID-19)
CORONA ( COVID-19)
Sebaiknya anda senantiasa menjaga jarak dengan orang lain ketika berada diluar rumah. Ketika melakukan jaga jarak atau Physical distancing diluar rumah, anda telah melakukan upaya pencegahan virus ini serta anda juga telah melindungi keluarga dan orang-orang agar tidak tertular


Demikian Tips dari kami, semoga bermamfaat. kita tidak tau kapan pandemi COVID-19 akan berakhir, semua kalangan telah berusaha untuk mengakhiri ini semua. Dokter yang berada di garda paling depan mempertaruhkan nyawa untuk kita semua. Untuk itu kita sebagai masyarrakat yang berakal dan mempunyai hati kiranya mengikuti himbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini.


Kalian juga dapat membaca artikel mengenai tips seputar kehidupan kita disini!. teimakasih



 

4 comments:

  1. terimakasih infonya, sangat bermamfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, janga lupa berkunjung di artikel lainnya.

      Delete
  2. Sangat bermamfaat daituasi saat ini terimakasih tipsnya

    ReplyDelete
  3. Terimakasih tiosnya, akhirnya sy bisa download youtube

    ReplyDelete