Monday, May 25, 2020

materi pasar bebas IPS SMP/MTS

PASAR BEBAS

A. Sekilas tentang Pasar Bebas

halo sahabat gudang ilmu, dalam postingan kali ini admin akan menulis mengenai materi pasar bebas matapelajaran IPS SMP/MTS, yuk simak materinya.

1. Pengertian Pasar Bebas
Awal terwujudnya pasar bebas berkenaan dengan adanya liberalisme  (paham liberal) yang berkembang di belahan bumi Eropa. Liberalisme adalah sebuah ideologi, pandangan, falsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik utama.

Berkaitan dengan aktivitas perdagangan internasional seperti Adam Smith dan David Richardo merekomendasikan pengembangan pasar bebas atau perdaganagan bebas. Menurut kedua tokoh ekonomi liberal tersebut, definisi pasar bebas sebagai berikut.

Adam Smith Pasar bebas adalah wadah untuk menampung sesuatu yang dihasilkan oleh setiap orang yang berasal dari paham kebebasan yang disedikan kepada para pelaku ekonomi untuk mengusahakan kegaiatan ekonomi sesuai dengan keinginan mereka tanpa campur tangan dari pemerintah.
David Richardo Perdagangan bebas adalah suatu system dagang luar negeri yang setiap negaranya melakukan usaha dagang tanpa halangan dari negara itu sendiri. Dari kedua pendapat diatas, dapat dikatakan bahwa pasar bebas adalah poroses kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh setiap orang, masyarakat, dan perusahaan yang berada di negara berbeda dengan tidak adanya rintangan atau hambatan tertentu. 

 2. Ciri – Ciri Pasar

Bebas Ciri- ciri pasar bebas secara umum diantaranya sebagai berikut ini.
  • Di dalam pasar bebas, seseorang, masyarakat, maupun perusahaan dapat memiliki dan menata sumber-sumber produksi. 
  • Adanya pembagian kelas dalam masyarakat, yaitu kelas pekerja dan kelas pemilik modal.
  • Terdapat persaingan antarpengusaha untuk memperoleh keuntungan optimal.
  • Negara tidak campur tangan dalam pasar bebas. 

3. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pasar Bebas

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pasar bebas antara lain sebagai berikut.
Kualitas Sumber Daya Alam Di dalam pasar bebas, negara-negara yang maju amat membutuhkan sumber daya alam berkualitas. Sebaliknya, negara-negara miskin atau berkembang membutuhkan sejumlah finasial dari negara-neagar maju untuk biaya pembangunan negara. Denga demikian, kualitas sumber daya alam mendorong keberhasilan pasar bebas.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi IPTEK dapat meningkatkan kemampuan faktor-faktor produksi. Apabila faktor-faktor produksi dapat berjalan di tiap negara, maka barang-barang industry akan membutuhkan saluran ke pasar domestik maupun internasional, terutama pasar bebas.
Prasarana Prasarana yang telah disiapkan suatu pemerintah atau negara dapat mendorong keberhasilan pasar bebas. Contohnya, penyediaan jalan yang membuka akses ke sentra-sentra produksi.

4. Dampak negatif dan positif pasar bebas

Berlangsungnya pasar bebas pada suatu negeri memberikan dampak positif dan negatif.

a. Dampak Positif Dampak positif pasar bebas antara lain sebagai berikut.

Pasar bebas cenderung dapat mendorong pertumbuhan ekonomi negara, tercapainya pemerataan pendapatan masyarakat, dan terciptanya stabilitas ekonomi nasional. Pada umumnya kegiatan produksi dalam negeri menjadi meningkat secara kuantitas dan kualitas. Dapat menambahkan devisa negara melalui bea masuk dan biaya lain atas ekspor dan impor. Bisa mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam negeri, terutama dalam bidang sektor industry. Pasar bebas melancarkan impor sehingga kebetuhan dalam negeri terpenuhi. Lapangan dan kesempatan kerja masyarakat cenderung terbuka. Hubungan persaudaraan dan kerjasama antarnegara semakin era.
baca juga materi kondisi geologi indonesia kelas 7 bagian 2

b. dampak negatif pasar bebas antara lain sebagai berikut:

Masuknya barang impor yang murah yang dapat mengganggu produksi dan distribusi dalam negeri sehingga memicu kerugiaan besar. Negara-negara tertentu akan mengalami ketergantungan terhadap negara maju. Di dalam pasar bebas cenderung muncul persaingan yang tidak sehat. Jika suatu negara tidak mampu bersaing, ada kemungkinan pertumbuhan perekonomian negara melemah dan penganguran bertamba.

Demikian artikel mengenai pasar bebas IPS SMP/MTS, semoga dapat menambah wawasan kalian.terimakasih

1 comment:

  1. Sangat membantu dalam materi ajar... Terimakasih

    ReplyDelete