Monday, November 27, 2017

Super komputer tercepat di dunia

Super komputer tercepat di dunia


Super komputer tercepat di dunia
Super komputer tercepat di dunia

Halo sahabat gudang ilmu

Kita sudah membahas mengenai Komputer termahal, terlambat, serta tertua, kali ini kita menuju masa depan dengan komputer tercepat di dunia. Beberapa vendor berlomba untuk menciptakan komputer dengan kemampuan tercepat di dunia. Berikut beberapa komputer tercepat yang sudah dirangkum oleh gudang ilmu.


1. Tianhe- 1A

    Tienhe-1A adalah salah satu super komputer yang di kembangkan oleh kolaborasi sejumlah Universitas dan perusahaan di Cina. kecepatannya mampu mencapai 2,5 petaflops. Sebagai gambaran, 1 Petaflops sama dengan 1000 triliun operasi titik ambang perdetik. Super komputer ini didukung dengan 186.368 core dan 229.376 GB RAM serta chip yang dipakai adalah Invidia dan Intel.

2.Jaguar


    Super Komputer ini berjenis Cray XT5-HE yang merupakan super komputer tercepat yang bisa dipakai untuk sejumlah riset tanpa klasifikasi. Artinya jaguar dapat mendukung segala jenis riset secara umum, tanpa dikategorikan untuk tujuan tertentu. Superkomputer ini didukung oleh 224.162 core, yang tampil dalam enam core chips opteron serta kecepatan yang dihasilkan superkomputer ini mencapai 1,76 petaflops.

3. Dawning Nebulae

    Superkomputer yang di luncurkan di china ini sempat menjadi superkomputer tercepat didunia. sama dengan Tianhe-1A, Nebulae juga dikembangkan oleh institusi yang serupa yakni Nasional supercomputing Center di Shenzhen. Nebulae memiliki performa kecepatan mencapai 1,27 petaflop.

4. TSUBAME 2.0



    TSUBAME 2.0 adalah superkomputer yang nyaris menyamai Jaguar. Seperkomputer ini di produksi di negeri sakura yaitu jepang. Superkomputer ini memiliki kecepatan mencapai 2,3 petaflop. sayangnya setelah di kalibrasi, kecepatan stabilnya hanya mencapai 1,4 petaflop. Tapi setidaknya prestasi tersebut terjadi berkat dukungan Nvidia fermi GPUs dan Intel CPU. Superkomputer ini diciptakan dengan tujuan riset iklim, ramalan cuaca, bimolekular, dan simulasi tsunami.

5. Tera-100


    Dibangun di Eropa superkomputer ini menjadi komputer yang berskala pertama. Kapasitas mentransfer informasi setara dengn satu juta orang yang menonton film berdefinissi tinggi secara bersamaan. Dengan didukung prosesorintel Xeon 750 serta sangat efisien dalam menggunakan energi, superkomputer ini sangat membantu dalam operasional nuklir

Itulah tadi beberapa super komputer tercepat didunia, menurut anda manakah yang paling hebat dan paling keren. 

Kalian juga dapat membaca artikel mengenai komputer jadul dengan harga sangat mahal di dunia, semoga artikel ini bermamfaat buat kalian, terima kasih

No comments:

Post a Comment